Baca Berita

Dinas Perikanan Kabupaten Bintan meraih penghargaan Peringkat 1 "Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Terinovatif" pada GALANOVA AWARD TAHUN 2023

Berita

Dinas Perikanan Kabupaten Bintan dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah meraih penghargaan Peringkat 1 "Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Terinovatif" pada GALANOVA AWARD TAHUN 2023 pada 6 Oktober 2023 di Aula Kantor Bupati Bintan. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas prestasi luar biasa Dinas Perikanan Kabupaten Bintan dalam menerapkan inovasi dalam tata kelola pemerintahan. Prestasi ini disandang berkat keberhasilan implementasi Inovasi SI IKAN (Sistem Informasi Perikanan) Bintan. Aplikasi ini telah membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan sumber daya perikanan dan pelayanan kepada pelaku usaha perikanan di Kabupaten Bintan.


Inovasi SI IKAN adalah sebuah sistem informasi pendataan pelaku usaha perikanan yang terintegrasi dan berbasis GPS. Dengan aplikasi ini, Dinas Perikanan Kabupaten Bintan dapat dengan mudah mencatat dan melacak aktivitas pelaku usaha perikanan serta kelompok perikanan di wilayah tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pemerintah untuk pemertaan bantuan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).


Salah satu keunggulan utama dari Inovasi SI IKAN adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber, termasuk data lokasi yang diperoleh melalui teknologi GPS. Hal ini memungkinkan Dinas Perikanan untuk mengidentifikasi potensi perikanan yang belum dimanfaatkan sepenuhnya dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bintan, menyatakan, "Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini, yang merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi tim kami. Inovasi SI IKAN adalah bukti nyata komitmen kami untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelaku usaha perikanan dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bintan. Kami berharap aplikasi ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan perikanan."

Penghargaan GALANOVA AWARD TAHUN 2023 ini menjadi bukti bahwa Kabupaten Bintan mampu menjadi teladan dalam menerapkan inovasi dalam tata kelola pemerintahan. Dengan Inovasi SI IKAN, Dinas Perikanan Kabupaten Bintan telah membuktikan bahwa teknologi informasi dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mengoptimalkan sektor perikanan, mendukung keberlanjutan sumber daya, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Aplikasi SI IKAN Bintan ini juga nantinya akan terus dikembangkan pada bidang lain seperti pada bidang perikanan tangkap dan bidang pengolahan dan pemasaran, agar seluruh data dan informasi perikanan pada Kabupaten Bintan terintegrasi secara menyeluruh dan dapat di akses kapan pun dibutuhkan.
Bagikan Postingan Ini:
© . Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan